Study Tour Jakarta-Yogya-Bali

I. Pendahuluan
             Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini SMA Negeri 52 Jakarta akan melaksanakan sebuah program study tour untuk seluruh angkatan kelas XI. Dan seperti tahun kemarin, tahun ini akan study tour ke sebuah pulau yang sudah sangat dikenal di Indonesia bahkan dunia, yaitu pulau BALI. Dan Alhamdulillah program tersebut telah berhasil di laksanakan oleh SMA Negeri 52 Jakarta dengan baik, siswa dan siswi berangkat dan pulang dengan selamat, walaupun diwarnai dengan terjadi beberapa pelanggaran-pelanggaran kecil.

II. Persiapan
            Beberapa persiapan benda-benda dan peralatan telah saya lakukan dari sekitar 2 minggu yang lalu. Akhirnya hari yang di tunggu-tunggu para siswa dan siswi SMA Negeri 52 Jakarta tiba juga, yaitu bertepatan hari Jum’at tanggal 15 juni 2012. Pagi itu, anak-anak di kumpulkan di halaman sekolah untuk di beri pengarahan dan bimbingan tentang apa saja yang harus di persiapkan. Terlihat wajah-wajah ceria yang tampaknya sudah tidak ingin berlama-lama lagi, dan ingin mendapatkan beberapa pengalaman yang menarik.

III. Perjalanan
            Setelah berlama-lama aku dan anak-anak sudah boleh naik ke bus, kami pun menunggu mesin bus dinyalakan. Dan setelah dinyalakan, kami semua pun segera berdo’a agar perjalanan yang cukup panjang ini dapat berjalan dengan baik. Saat itu, kami memakai seragam batik. Karena sebelum mencapai tempat tujuan, kami akan mampir ke Universitas Padjajaran Bandung untuk mengikuti seminar sekaligus melaksanakan sholat jum’at berjamaah. Setelah melaksanakan seminar yang cukup lama dan sholat jum’at, perjalanan pun segera dilanjutkan. Tujuan kami selanjutnya adalah ke sebuah desa pariwisata yang terletak di sleman Yogyakarta, nama desa tersebut adalah desa pariwisata penting sari.

Perjalanan ke desa tersebut cukup jauh, sehingga memakan banyak waktu, hingga akhirnya sampai di desa tersebut pada siang hari keesokan harinya. Sebelum sampai di desa tersebut, kami semua sempat menonton DVD di dalam bus, untuk menghilangkan rasa penat dan rasa bosan. Selain itu, kami juga berhenti beberapa kali di beberapa pemberhentian untuk melaksanakan sholat, makan dan buang air. Di dalam bus, sambil menunggu sampai tujuan, kami semua bercerita-cerita tentang beberapa pengalaman yang seru yang pernah dialami sebelumnya. Tidak terasa, akhirnya sampai juga di desa wisata penting sari. Kami sampai di tempat tersebut pada siang hari. Sesampainya di desa tersebut kami semua di sambut dengan tari-tarian tradisional asal daerah terebut. Sehabis itu, kami dibagi beberapa kelompok untuk tinggal sementara di rumah-rumah desa tersebut.

Saya bersama 5 teman saya mendapatkan rumah yang cukup jauh dari pusat desa. Setelah itu, kami menuju rumah  tujuan di dampingi oleh sang pemilik rumah. Setelah sampai, Kami semua di beritahu tentang sejarah desa tersebut dengan cukup detail. Kami menginap di desa tersebut selama 2 hari 1 malam. Di rumah tersebut kami mendapat pengalaman yang lumayan banyak. Terutama udara desa tersebut yang sangat segar dan makanannya yang sangat sederhana. Selain itu, didesa tersebut kami juga diajari memainkan alat musik tradisional, membatik, bercocok tanam. Setelah menginap di desa tersebut, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur yang tempatnya tidak terlalu jauh.

Sesampainya di sana kami semua dipandu oleh pemandu wisata Borobudur untuk di ceritakan tentang sejarah-sejarah yang telah terjadi. Di sana, kami juga menyempatkan diri untuk foto-foto untuk kenang-kenangan. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan ke tempat yang paling di tunggu-tunggu oleh semua siswa dan siswi, yaitu pulau Bali. Setelah menjalani perjalanan yang sangat jauh dan membuat kaki cukup pegal. Akhirnya sampai juga di pelabuhan ketapang, banyuwangi, jawa timur. Tidak menunggu lama, kami semua langsung naik ke kapal dan menyebrang selama kurang lebih 2 jam.

Saat-saat yang menegangkan pun tiba. Saat pertama kali menginjakkan kaki ke pulau bali, aku sangat bersyukur. Setelah itu kami semua langsung mengunjungi Tanah Lot, sesampainya di sana kami berfoto-foto ria dan menikmati pemandangan yang sangat indah hingga merasa bosan yang belum tentu ada di Jakarta. Namun, rasanya tidak ada bosannya untuk melihat pantai tanah lot itu. Tetapi waktu sudah tidak bisa dikembalikan dan kami langsung menuju hotel dan check in di hotel Ina Bali. Pagi harinya kami langsung menuju bukit kintamani, sesampainya di sana kami semua makan siang di temani pemandangan bukit gunung batur yang menakjubkan nan eksotis. Setelah puas memandangi gunung batur sambil berfoto-foto ria, sorenya kami langsung menuju pantai Kuta.

Di pantai Kuta bertujuan untuk melihat sunset. Setelah selesai foto-foto di pantai Kuta dengan background sunset yang cantik, kami langsung ke hotel untuk istirahat. Pagi harinya kami semua menuju Tanjung benoa untuk bermain olahraga air yang seru. Kami bermain cukup lama, dan setelah lelah bermain olahraga air. Kami langsung menuju pantai Jimbaran untuk makan malam di pinggir pantai ditemani musik tradisional bali dan percikan kembang api yang meletus diudara. Setelah puas di pantai Jimbaran itu kami langsung ke hotel untuk packing dan langsung check out dari hotel untuk menuju tempat perbelanjaan Joger, untuk sekedar membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Setelah itu, kami langsung menuju jalan malioboro di Yogyakarta, sebelum langsung ke Jakarta. Di jalan Malioboro kami semua berbelanja ria untuk oleh-oleh. Lalu, kami semua langsung melakukan perjalanan pulang ke Jakarta. Perjalanan tersebut cukup memakan waktu sangat lama sekali, selama di perjalanan kami menceritakan pengalaman masing-masing selama di Bali dengan teman. Dan seminggu telah berlalu, kami semua sampai Jakarta dengan keadaan sehat wal afiat dan menampakkan wajah yang ceria.

IV. Penutup
            Perjalanan study tour tersebut membuat saya banyak mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang lebih tentang Bali dan Yogyakarta. Pengalaman tersebut mungkin pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Sampai jumpa Bali, mungkin suatu saat aku akan kesana lagi.